Guyv7L2vSNhTu9NNIC4AGodmAsDGZpqzql8qRx1N
Bookmark

Kenapa Husein dibunuh di Karbala? Baca Ini

Hai! Apakah Anda sedang mencari penjelasan tentang "kenapa Husein dibunuh di Karbala?"? Jika jawaban Anda adalah "Iya", selamat! Sekarang Anda sedang membaca artikel yang tepat. Mengapa? Karena itulah yang akan saya jelaskan pada artikel ini. Sebagai muslim, kita harus paham itu. Karena itulah saya menulis artikel ini. Jadi, Anda harus membacanya sampai selesai!

kenapa husein dibunuh di karbala, husein dibunuh di karbala, peristiwa karbala, husein bin ali,

Secara spesifik, ada beberapa hal penting tentang "kenapa Husein dibunuh di Karbala?" yang akan saya jelaskan pada artikel ini. Empat hal penting yang saya maksud adalah sebagai berikut:

Artikel ini berisi promosi buku tentang tragedi Karbala yang harus Anda baca. Saya akan menjelaskan itu di akhir pembahasan dalam artikel ini.

Kenapa Husein Pergi ke Karbala?

Hal penting pertama tentang "kenapa Husein dibunuh di Karbala?" yang akan saya jelaskan sekarang adalah "kenapa Husein pergi ke Karbala?". Saya ingin Anda memahami itu terlebih dahulu sebelum Anda membaca lebih banyak penjelasan dalam artikel ini karena itu adalah salah satu hal penting dalam pembahasan ini yang harus dipahami dengan baik.

Satu hal penting yang harus Anda tahu tentang pertanyaan tersebut (kenapa Husein pergi ke Karbala?) adalah, bahwa pertanyaan tersebut berkaitan dengan motif dan tujuan keberangkatan Husein bin Ali ke Kuffah. Saya katakan demikian karena Karbala bukanlah tujuan pertama beliau pergi ke Kuffah.

Jika kita membaca beberapa literasi sejarah Islam tentang motif dan tujuan Husein bin Ali pergi ke Kuffah, seperti at-Tarikh karya ath-Thabari, al-Bidayah wa an-Nihayah karya Ibnu Katsir, al-Kamil fi at-Tarikh karya Ibnu Atsir, dan lain sebagainya, kita akan menemukan penjelasan bahwa Husein bin Ali pergi ke Kuffah untuk merebut tampuk kepemimpinan dari Yazid bin Muawiyah.

Tapi, apakah benar demikian?

Bagi saya pribadi, pemahaman bahwa motif dan tujuan keberangkatan Husein bin Ali ke Kuffah untuk merebut tampuk kepemimpinan dari Yazid bi Muawiyah salah besar. Saya katakan demikian karena jika memang benar seperti itu, tentulah pembunuhan terhadap Husein bin Ali di Karbala bisa dibenarkan.

Mengapa?

Dalam buku Shahih karya Imam Muslim terdapat hadits yang menjelaskan, bahwa jika ada dua orang dibaiat menjadi Khalifah, maka kaum muslim diperintah untuk membunuh yang kedua. Hadits yang saya maksud adalah sebagai berikut:

إِذَا بُوْيِعَ لِخَلِيفَتَيْنِ، فَاقْتُلُوْا الْآخِرَ مِنْهُمَا

Jika ada dua orang dibaiat menjadi Khalifah, maka bunuhlah yang terakhir (yang kedua).

Lantas, apa motif dan tujuan keberangkatan Husein bin Ali ke Kuffah?

Anda bisa menemukan penjelasan tentang itu dalam buku tentang Tragedi Karbala yang akan saya jelaskan di akhir pembahasan.

Itulah penjelasan singkat tentang "kenapa Husein pergi ke Karbala?". Sebagai muslim, kita harus paham itu.

Kenapa Husein dibunuh di Karbala?

Hal penting kedua tentang "kenapa Husein dibunuh di Karbala?" yang akan saya jelaskan sekarang adalah jawaban yang spesifik. Jadi, saya sangat berharap Anda membaca penjelasan di bawah ini dengan sangat baik.

Jika kita membaca beberapa literasi klasik tentang sejarah Islam, setidaknya seperti yang telah saya sebutkan di atas, khususnya tentang sejarah pembunuhan Husein bin Ali di Karbala, kita akan menemukan penjelasan bahwa beliau dibunuh di Karbala karena tidak bersedia membaiat Yazid bin Muawiyah. Akibatnya, beliau dibunuh oleh pasukan yang dipimpin oleh Ubaidullah bin Ziyad.

Pemahaman seperti itu memang bisa dibenarkan. Tapi dalam prosesnya ada banyak keganjilan yang harus kita pahami, terutama karena Yazid bin Muawiyah, setidaknya seperti apa yang saya temukan dalam literasi klasik tentang sejarah Islam pada waktu itu, telah berpesan kepada Ubaidullah bin Ziyad agar tidak membunuh kecuali orang yang lebih dulu menyerang.

Jika kita membaca riwayat sejarah tentang pembunuhan Husein bin Ali di Karbala, kita akan menemukan penjelasan bahwa Husein bin Ali bukanlah pihak yang pertama menyerang terlebih dahulu. Dengan demikian, asumsinya, ada pengkhianatan yang dilakukan Ubaidullah bin Ziyad kepada Yazid bin Muawiyah: Ubaidullah bin Ziyad tidak mengindahkan pesan Yazid bin Muawiyah kepada dirinya.

Penjelasan tentang itu bisa Anda temukan dalam buku tentang tragedi Karbala yang akan saya jelaskan di akhir pemabhasan.

Itulah penjelasan singkat tentang "kenapa Husein dibunuh di Karbala?". Sebagai muslim, kita harus paham itu.

Kapan Husein dibunuh di Karbala?

Hal penting ketiga tentang "kenapa Husein dibunuh di Karbala?" yang akan saya jelaskan sekarang adalah "kapan Husein dibunuh di Karbala?". Saya ingin Anda memahami itu agar Anda mempunyai pemahaman yang cukup setelah Anda membaca artikel ini.

Satu hal penting yang ingin saya jelaskan sebelum saya menjelaskan kapan Husein dibunuh di Karbala, bahwa pembunuhan di Karbala tidak terjadi dalam waktu satu hari. Maksudnya adalah bahwa sebelum Husein bin Ali dibunuh, telah terjadi beberapa pembunuhan terhadap puluhan pengikut beliau yang masih setia.

Anda bisa menemukan penjelasan tentang pembunuhan puluhan penngikut beliau berserta kronologinya dalam buku tentang Tragedi Karbala yang akan saya jelaskan sebentar lagi.

Kaitannya dengan kapan Husein bin Ali dibunuh di Karbalah, jika kita membaca beberapa literasi klasik tentang itu, kita akan menemukan penjelasan, bahwa Husein bin Ali dibunuh di Karbala pada hari Jum'at, tanggal 10 Muharram, tahun 60 Hijriah.

Itulah penjelasan singkat tentang "kapan Husein dibunuh di Karbala?". Sebagai muslim, kita harus paham itu.

Buku Tentang Pembunuhan Husein Karbala yang Harus Anda Baca

Hal penting keempat tentang "kenapa Husein dibunuh di Karbala?" yang akan saya jelaskan sekarang adalah buku tentang pembunuhan Husein di Karbala yang harus Anda baca. Buku yang saya maksud adalah buku "Pembantaian Keturunan Abu Thalib dalam Carut-Marut Riwayat Sejarah", karya saya sendiri.

Secara umum, buku tersebut menjelaskan beberapa hal penting yang sering disalah-pahami oleh mayoritas masyarakat muslim prihal kehidupan empat Sahabat agung dari keturunan Abu Thalib. Empat Sahabat agung yang saya maksud adalah Jakfar bin Abi Thalib, Ali bin Abi Thalib, Hasan bin Ali, dan Husein bin Ali.

Harga buku tersebut adalah Rp. 90.000 (Rp. 110.000), belum termasuk Ongkir (ongkos kirim). Mahal?

Saya kira buku tersebut tidak terlalu mahal jika dibandingkan wacana baru yang akan Anda dapatkan setelah membaca buku tersebut.

Cara Pemesanan

Jika Anda berminat membeli buku tersebut, Anda bisa menghubungi saya lewat nomor WhatsApp: 0853-3949-9110. Buku tersebut tidak dijual di toko buku manapun, bahkan di toko-toko online. Pembeliannya hanya lewat saya.

Anda tidak perlu khawatir soal penipuan. Buku tersebut sudah dicetak lebih dari satu kali, dibeli dan dibaca oleh banyak orang.

Itulah penjelasan singat tentang "kenapa Husein dibunuh di Karbala?" dan beberapa hal penting tentang itu, khususnya buku tentang tragedi Karbala yang harus Anda baca.

Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya!

DONASI VIA PAYPAL Jika artikel ini bermanfaat dan Anda berkenan membantu kami mengembangkan website ini dengan memberi sedikit donasi, Anda bisa melakukannya via Paypal. Terima kasih.
Posting Komentar

Posting Komentar