Guyv7L2vSNhTu9NNIC4AGodmAsDGZpqzql8qRx1N
Bookmark

Berapa Lama Hasan bin Ali Menjadi Khalifah? Baca Ini!

Hai! Apakah Anda sedang mencari penjelasan tentang "berapa lama Hasan bin Ali menjadi Khalifah?"? Jika jawaban Anda adalah "Iya", selamat! Sekarang Anda sedang membaca artikel yang tepat. Mengapa? Karena itulah yang akan saya jelaskan pada artikel ini. Sebagai muslim, kita harus paham itu. Karena itulah saya menulis artikel ini. Jadi, Anda harus membacanya sampai selesai!

hasan bin ali,khalifah hasan bin ali,hasan bin ali menjadi khalifah,khalifah hasan bin ali,berapa lama hasan bin ali menjadi khalifah,

Secara spesifik, ada beberapa hal penting tentang "berapa lama Hasan bin Ali menjadi Khalifah?" yang akan saya jelaskan pada artikel ini. Beberapa hal penting yang saya maksud adalah sebagai berikut:

Artikel ini berisi promosi buku tentang Khalifah Hasan bin Ali yang harus Anda baca. Saya akan menjelaskan itu di akhir pembahasan

Mengapa Hasan bin Ali Menjadi Khalifah?

Hal penting pertama tentang "berapa lama Hasan bin Ali menjadi Khalifah?" yang akan saya jelaskan sekarang adalah "mengapa Hasan bin Ali menjadi Khalifah?". Saya ingin Anda memahami itu terlebih dahulu karena itu adalah salah satu hal penting dalam pembahasan ini yang harus dipahami dengan baik.

Sebelum saya memberi Anda jawaban untuk pertanyaan tersebut (mengapa Hasan bin Ali menjadi Khalifah?), saya ingin mengatakan bahwa kata "Khalifah" adalah kata dalam bahasa Arab. Penulisannya adalah خَلِيْفَةٌ atau الخَلِيْفَةُ. Artinya adalah pengganti atau pemimpin. Jadi, jika kita mendengar ada seseorang menjadi Khalifah, maka itu berarti di adalah seorang pemimpin atau pengganti seseorang.

Dalam konteks pembahasan ini, jika kita membaca beberapa literasi sejarah klasik, kita akan menemukan penjelasan bahwa Hasan bin Ali menjadi Khalifah karena menggantikan ayahnya, Ali bin Abi Thalib, untuk penjadi pemimpin kaum muslim.

Ketika Ali bin Abi Thalib meninggal dunia karena dibunuh oleh Abdurrahman bin Muljam, kaum muslim tidak mempunyai pemimpin tertinggi yang berwenang menentukan kebijakan politik Islam. Karena itulah, kaum muslim, kecuali kecuali yang ada di Syam yang dipimpin Muawiyah bin Abi Sufyan, membaiat Hasan bin Ali sebagai Khalifah yang memimpin mereka.

Jadi, jika Anda bertanya kepadaku, "mengapa Hasan bin Ali menjadi Khalifah?", jawabannya adalah karena mayoritas kaum muslim telah membaiatnya menjadi Khalifah untuk melanjutkan kepemimpinan Islam setelah Ali bin Abi Thalib meninggal dunia. Itulah jawabannya.

Itulah penjelasan singkat tentang "mengapa Hasan bin Ali menjadi Khalifah?". Sebagai muslim, kita harus paham itu.

Berapa Lama Hasan bin Ali Menjadi Khalifah?

Hal penting kedua tentang "berapa lama Hasan bin Ali menjadi Khalifah?" yang akan saya jelaskan sekarang adalah jawaban yang spesifik. Jadi, saya sangat berharap Anda membaca penjelasan di bawah ini dengan sangat baik.

Sebelum saya menjelaskan jawaban untuk pertanyaan tersebut, saya ingin bercerita sedikit tentang sesuatu yang terjadi setelah kaum muslim membaiat Hasan bin Ali menjadi Khalifah. Jika kita membaca beberapa literasi sejarah Islam, seperti at-Tarikh karya ath-Thabari, al-Kamil fi at-Tarikh karya Ibnu Atsir, al-Bidayah wa an-Nihayah karya Ibnu Katsir, Ansabu al-Asyraf karya al-Baladzuri, dan lain sebagainya, kita akan menemukan penjelasan bahwa Hasan bin Ali tidak langsung mengurus persoalan politik yang sangat penting pada waktu itu setelah dia dibaiat menjadi Khalifah pada tahun 40 Hijriah. Persoalan politik yang saya maksud adalah tidak adanya baiat dari Syam. Dia masih berkabung karena ayahandanya setelah meninggal dunia.

Jika kita membaca beberapa literasi sejarah tentang masa-masa awal Hasan bin Ali dibaiat menjadi Khalifah, kita akan menemukan penjelasan bahwa selama lima puluh hari masa berkabung (riwayat lain menjelaskan lebih dari itu), dia tidak membicarakan apapun yang berkaitan dengan Syam yang dipimpin Muawiyah bin Abi Sufyan, baik itu peperangan atau negosiasi damai.

Setelah Hasan bin Ali menganggap masa berkabung telah selesai, dia baru membicarakan persoalan terkait Syam. Singkatnya, dalam prosesnya, terjadi pertikaian antara dirinya dan pasukannya sendiri, serta penyerahan tampuk kepemimpinan kepada Muawiyah bin Abi Sufyan.

Ada banyak hal penting yang harus Anda pahami terkait penyerahan tampuk kepemimpinan dari Hasan bin Ali kepada Muawiyah bin Abi Sufyan, terutama bahwa itu terjadi tanpa syarat apapun, tidak seperti pemahaman mayoritas muslim selama ini. Maksudnya adalah bahwa Hasan bin Ali menyerahkan tampuk kepemimpinan kepada Muawiyah bin Abi Sufyan tanpa syarat apapun. Sayangnya, saya tidak bisa menjelaskan itu pada artikel ini. Anda bisa menemukan penjelasan tentang itu dalam buku tentang Khalifah Hasan bin Ali yang akan saya jelaskan di akhir pembahasan.

Secara singkat, jika kita membaca beberapa literasi sejarah Islam tentang usia pemerintahan putra Ali bin Abi Thalib ini, kita akan menemukan penjelasan bahwa Hasan bin Ali menjadi Khalifah selama 6 bulan lebih beberapa hari. Itulah jawabannya.

Itulah penjelasan singkat tentang "berapa lama Hasan bin Ali menjadi Khalifah?". Sebagai muslim, kita harus paham itu.

Buku Tentang Khalifah Hasan bin Ali yang Harus Anda Baca

Hal penting ketiga tentang "berapa lama Hasan bin Ali menjadi Khalifah?" yang akan saya jelaskan sekarang adalah buku tentang Khalifah Hasan bin Ali yang harus Anda baca. Buku yang saya maksud adalah buku "Pembantaian Keturunan Abu Thalib dalam Carut-Marut Riwayat Sejarah", karya saya sendiri.

Secara umum, buku tersebut menjelaskan beberapa hal penting yang sering disalah-pahami tentang kehidupan empat Sahabat agung dari keturunan Abu Thalib: Jakfar bin Abi Thalib, Ali bin Abi Thalib, Hasan bin Ali, dan Husein bin Ali.

Harga buku tersebut adalah Rp. 90.000 (Rp. 110.000), belum termasuk Ongkir (ongkos kirim). Mahal?

Saya kira buku tersebut tidak terlalu mahal jika dibandingkan wacana baru yang akan Anda dapatkan setelah membaca buku tersebut.

Cara Pemesanan

Jika Anda berminat membeli buku tersebut, Anda bisa membelinya lewat nomor WhatsApp: 0853-3949-9110. Buku tersebut tidak dijual di toko buku manapun, termasuk di toko-toko online. Untuk sementara ini, pembelian hanya lewat saya.

Anda tidak perlu khawatir soal penipuan. Buku tersebut sudah dicetak lebih dari satu kali, dibeli dan dibaca oleh banyak orang.

Itulah penjelasan singkat tentang "berapa lama Hasan bin Ali menjadi Khalifah?" dan beberapa hal penting tentang itu, khususnya buku tentang Khalifah Hasan bin Ali yang harus Anda baca.

Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya!

DONASI VIA PAYPAL Jika artikel ini bermanfaat dan Anda berkenan membantu kami mengembangkan website ini dengan memberi sedikit donasi, Anda bisa melakukannya via Paypal. Terima kasih.
Posting Komentar

Posting Komentar