Guyv7L2vSNhTu9NNIC4AGodmAsDGZpqzql8qRx1N
Bookmark

Kapan Hasan bin Ali Wafat? Baca Ini!

Hai! Apakah Anda sedang mencari penjelasan tentang "kapan Hasan bin Ali wafat?"? Jika jawaban Anda adalah "Iya", selamat! Sekarang Anda sedang membaca artikel yang tepat. Mengapa? Karena itulah yang akan saya jelaskan pada artikel ini. Sebagai muslim, kita harus paham itu. Karena itulah saya menulis artikel ini. Jadi, Anda harus membacanya sampai selesai!

hasan bin ali, imam hasan bin ali, kapan hasan bin ali wafat, tahun kematian hasan bin ali, tahun kematian imam hasan bin ali,

Secara spesifik, ada beberapa hal penting tentang "kapan Hasan bin Ali wafat?" yang akan saya jelaskan pada artikel ini. Tiga hal penting yang saya maksud adalah sebagai berikut:

Artikel ini berisi promosi buku tentang kematian Hasan bin Ali yang harus Anda baca. Saya akan menjelaskan itu di akhir pembahasan.

Penyebab Kematian Hasan bin Ali: Riwayat-Riwayat Meragukan yang Harus Anda Pahami

Hal penting pertama tentang "kapan Hasan bin Ali wafat?" yang akan saya jelaskan sekarang adalah penyebab kematian Hasan bin Ali: riwayat-riwayat meragukan yang harus Anda pahami. Saya ingin Anda memahami itu terlebih dahulu karena itulah dasar pemahaman tentang penyebab kematian Hasan bin Ali.

Secara umum, jika kita membaca beberapa literasi klasik tentang sejarah Islam, khususnya tentang penyebab kematian Hasan bin Ali, seperti Tajarubu al-Umam wa Ta'aqabu al-Himam karta Miskawaih, Ansabu al-Asyraf karya al-Baladzuri, al-Kamil fi at-Tarikh karya Ibnu Atsir, at-Tarikh karya ath-Thabari, al-Bidayah wa an-Nihayah karya Ibnu Katsir dan lain sebagainya, kita akan menemukan dua tipologi riwayat tentang penyebab kematian Hasan bin Ali:

  • Hasan bin Ali meninggal dunia karena sakit (biasa).
  • Hasan bin Ali meninggal dunia karena diracun.

Riwayat yang menjelaskan bahwa Hasan bin Ali meninggal dunia karena diracun memiliki dua riwayat turunan:

  • Hasan bin Ali meninggal dunia karena diracun atas perintah Yazid bin Muawiyah. Dia menyuruh Ja'dah binti al-Asy'ats meracuni Hasan bin Ali.
  • Hasan bin Ali meninggal dunia karena diracun atas perintah Muawiyah bin Abi Sufyan. Riwayat ini memiliki dua riwayat turunan lagi:

  1. Muawiyah bin Abi Sufyan menyuruh Ja'dah binti al-Asy'ats meracuni Hasan bin Ali.
  2. Muawiyah bin Abi Sufyan menyuruh anak buahnya meracuni Hasan bin Ali.

Tentunya, keberadaan beberapa riwayat tentang penyebab kematian Hasan bin Ali tersebut sangat membingungkan karena riwayat-riwayat tersebut saling bertentangan satu sama lain.

Analisa dan penjelasan tentang penyebab kematian Hasan bin Ali tersebut sangat panjang. Saya tidak akan menjelaskan itu pada artikel ini. Tapi kesimpulannya adalah bahwa Hasan bin Ali meninggal dunia bukan karena diracun, tapi sakit biasa. Jika Anda ingin mengetahuinya, Anda bisa menemukannya dalam buku tentang Kematian Hasan bin Ali yang akan saya jelaskan di akhir pembahasan dalam artikel ini.

Itulah penjelasan singkat tentang penyebab kematian Hasan bin Ali: riwayat-riwayat meragukan yang harus Anda pahami. Sebagai muslim, kita harus paham itu.

Kapan Hasan bin Ali Wafat?

Hal penting kedua tentang "kapan Hasan bin Ali wafat?" yang akan saya jelaskan sekarang adalah jawaban yang spesifik. Jadi, saya sangat berharap Anda membaca penjelasan di bawah ini dengan sangat baik.

Jika kita membaca beberapa literasi klasik tentang tahun kematian Hasan bin Ali, setidaknya dalam beberapa buku seperti yang telah saya sebut di beberapa paragraf sebelumnya, kita akan menemukan penjelasan sekitar tahun 41 Hijriah, 49 Hijriah, 50 Hijriah, 51 Hijriah, dan 58 Hijriah. Artinya, ada perbedaan pendapat tentang tahun kematiannya.

Dari sekian banyak riwayat tentang tahun kematian Hasan bin Ali, riwayat yang masyhur adalah riwayat yang menjelaskan bahwa dia meninggal pada tahun 49 hijriah. Tapi, saya pribadi berpendapat bahwa dia meninggal dunia pada tahun 50 Hijriah. Alasannya adalah sebagai berikut:

  • Hasan bin Ali lahir pada tahun 3 Hijriah dan meninggal dunia saat berusia 47 tahun (ini riwayat yang valid dan masyhur).
  • Hasan bin Ali meninggal dunia sepuluh tahun setelah dia menyerahkan tampuk kepemimpinan kepada Muawiyah bin Abi Sufyah. Penyerahan tampuk kepemimpinan itu terjadi pada tahun 40 Hijriah menurut riwayat yang masyhur di kalangan sejarawan.
  • Ali bin Abi Thalib meninggal dunia pada tahun 40 Hijria.

Penjelasan lebih lanjut tentang kematian Hasan bin Ali bisa Anda temukan dalam buku tentang kematian Hasan bin Ali yang akan saya jelaskan sebentar lagi.

Itulah penjelasan singkat tentang "kapan Hasan bin Ali wafat?". Sebagai muslim, kita harus paham itu.

Buku Tentang Kematian Hasan bin Ali yang Harus Anda Baca

Hal penting ketiga tentang "kapan Hasan bin Ali wafat?" yang akan saya jelaskan sekarang adalah buku tentang kematian Hasan bin Ali yang harus Anda baca. Buku yang saya maksud adalah buku "Pembantaian Keturunan Abu Thalib dalam Carut-Marut Riwayat Sejarah", karya saya sendiri.

Buku tersebut menjelaskan hal-hal penting dalam kehidupan empat tokoh penting dalam Islam dari keturunan Abu Thalib: Jakfar bin Abi Thalib, Ali bin Abi Thalib, Hasan bin Ali, dan Husein bin Ali, yang jarang dipahami mayoritas masyarakat muslim. Dalam konteks pembahasan dalam artikel ini, tentang penyeban kematian Hasan bin Ali.

Harga buku tersebut adalah Rp. 90.000 (Rp. 110.000), belum termasuk Ongkir (ongkos kirim). Mahal?

Saya kira harga buku tersebut tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan informasi baru yang akan Anda dapatkan setelah membaca buku tersebut.

Cara Pemesanan

Jika Anda berminat membeli buku tersebut, Anda bisa menghubungi saya lewat nomor WhatsApp: 0853-3949-9110. Buku tersebut tidak dijual di toko buku manapun, bahkan di toko-toko online. Pembelian hanya lewat saya.

Anda tidak perlu khawatir soal penipuan. Buku tersebut sudah dicetak lebih dari satu kali, dibeli dan dibaca oleh banyak orang.

Itulah penjelasan singkat tentang "kapan Hasan bin Ali wafat?" dan beberapa hal penting tentang itu, terutama buku tentang kematian Hasan bin Ali yang harus Anda baca.

Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya!

DONASI VIA PAYPAL Jika artikel ini bermanfaat dan Anda berkenan membantu kami mengembangkan website ini dengan memberi sedikit donasi, Anda bisa melakukannya via Paypal. Terima kasih.
Posting Komentar

Posting Komentar